About

Essay : "PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI ERA 5.0, DENGAN MEMBANGUN LANDASAN KUAT UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG MASA DEPAN"

PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI ERA 5.0, DENGAN MEMBANGUN

LANDASAN KUAT UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN

PELUANG MASA DEPAN

Ririn Isnadewi, Alya Ghania, Satria Hilmi A.C, Rohmah Nurfatihah


    Perkembangan IPTEK di Indonesia sangat pesat sehingga dapat memengaruhi perkembangan karakter pada anak. Tidak hanya anak bahkan remaja hingga dewasa perlu adanya wawasan tentang pentingnya berkarakter. Pendidikan karena adanya teknologi yang semakin maju dan canggih ini, banyak kasus yang terjadi selain dari mahasiswa bahkan banyak juga terjadi pada tingkat sekolah menengah. Banyak kasus yang terjadi seperti pembullyan, perundungan, intoleransi, yang terjadi karena kurangnya Pendidikan karakter di era IPTEK yang berkembang saat ini.

    Dalam konteks ini, peran dan tantangan yang dihadapi oleh generasi masa depan, termasuk anak-anak, menjadi semakin kompleks. Pembentukan karakter anak menjadi aspek krusial dalam mempersiapkan mereka menghadapi dinamika zaman yang terus berubah ini. Era 5.0 menuntut adanya pendekatan baru dalam pembentukan karakter anak, yang tidak hanya mencakup nilai-nilai tradisional seperti integritas dan kejujuran, tetapi juga keterampilan digital, adaptabilitas, dan empati terhadap sesama.

    Pembentukan karakter anak di era 5.0 menjadi sangat penting karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan membawa Indonesia menuju masa depan. Dengan memiliki karakter yang kuat dan nilai-nilai yang positif, anak-anak akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang dihadapinya, berkontribusi secara positif dalam masyarakat, serta menjadi pemimpin yang tangguh dan bertanggung jawab di masa mendatang. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian yang serius dan upaya yang sistematis dari berbagai pihak untuk mendukung pembentukan karakter anak di era 5.0 ini.

    Oleh karena itu, pendidikan karakter merupakan salah satu peran lembaga pendidikan untuk membina generasi muda bangsa agar memiliki perilaku yang baik, dan benar sesuai norma yang berlaku dalam masyarakat supaya dapat melatih menjadi berkarakter serta cakap dalam era 5.0. Maksud dan tujuan dari penulisan ini untuk menjelaskan tentang pentingnya karakter dalam pengembangan IPTEK di era 5.0 khususnya kepada anak-anak.

BAB II

RUMUSAN MASALAH


    Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka didapat rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Apa tantangan utama yang dihadapi dalam upaya membentuk karakter anak diera 5.0, terutama terkait dengan pengaruh media sosial dan kecenderungan individualisme?
  2. Bagaimana pendekatan dan strategi yang efektif dalam memperkuat karakteranak di era 5.0 agar mereka dapat menghadapi tantangan dan peluang masa depan dengan baik?
  3. Bagaimana cara agar anak tidak menjadi bergantung pada teknologi yang saat ini sudah berkembang dengan pesat?


DAFTAR PUSTAKA

     Handayani, P.A. dkk. (2022) “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA
          SOCIETY 5.0 BAGI GENERASI Z UNTUK MEMAJUKAN BANGSA”, 281-283.
     Keban, Y.B. (2022) “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA SOCIETY
           5.0”, 13(1), 57-60.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Essay : "PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI ERA 5.0, DENGAN MEMBANGUN LANDASAN KUAT UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG MASA DEPAN""

Posting Komentar