About

Essay : " IMPLEMENTASI PERAN MAHASISWA SEBAGAI AGENT OF CHANGE MELALUI PEMANFAATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS E-LEARNING "

IMPLEMENTASI PERAN MAHASISWA SEBAGAI AGENT OF CHANGE MELALUI PEMANFAATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS E-LEARNING

Angel Ferinta1, Chalizha Hertina Isthiazha2, Iqbal Adam Maulana3, Nadiya Rosyidah Wardha4


PENDAHULUAN

    Implementasi peran mahasiswa sebagai agent of exchange melalui pemanfaatan pendidikan karakter  berbasis e-learning merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan  karakter mahasiswa dalam proses pembelajaran. Menurut Arief (2018) menyatakan pendapat Miarso  terkait dunia pendidikan yang telah memasuki evolusi yang kelima bahwa berkembangnya pembelajaran  di luar kampus sebagai bentuk pendidikan berkelanjutan. Rema (2021) mencatat banyaknya kasus  pelanggaran yang dilakukan oleh anak sehingga tingkat anak yang masuk Lembaga Pemasyarakatan  Khusus Anak (LPKA) semakin meningkat. Salah satu kasusnya merupakan pencurian sebanyak 23,9%.  Oleh karena itu, perlu adanya pendidikan karakter agar dapat membaur di lingkungan masyarakat.  Pendidikan karakter tidak hanya dilakukan dengan cara berkumpul disuatu tempat tetapi bisa dimana saja.

    Pendidikan karakter berbasis e-learning merupakan salah satu bentuk inovasi dari pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Dengan berbabis e-learning pelajar akan dapat mengakases pembelajaran karakter yang telah disediakan oleh para mahasiswa relawan. Pembuatan e-learning untuk sarana pendidikan karakter bertujuan menyempurnakan penelitian terdahulu. Peran mahasiswa sebagai agent of change dalam kehidupan masyarakat yang menjelaskan bahwa mahasiswa sebagai kaum intelektual dianggap sebagai sosok yang cakap dan berkualitas sehingga dapat berkontribusi terhadap masyarakat dengan terjun secara tidak langsung melalui e-learning untuk membentuk pendidikan karakter.

RUMUSAN MASALAH

  1. Apa saja hambatan utama yang dihaapi dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis e-learning untuk menggalang peran mahasiswa sebagai agent of change dalam keterbatasan akses dan partisipasi?
  2. Bagaimana mengukur dan mengevaluasi dampak dari program pendidkan karakter berbasis e-learning terhadap perkembangan mahasiswa sebagai agent of change dalam pembentukan karakter remaja?
  3. Bagaimana efektivitas implementasi pendidikan karakter berbasis e-learning dalam membentuk karakter remaja? 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Essay : " IMPLEMENTASI PERAN MAHASISWA SEBAGAI AGENT OF CHANGE MELALUI PEMANFAATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS E-LEARNING ""

Posting Komentar