About

Essay : " IMPLEMENTASI PERAN MAHASISWA DALAM ADOPSI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE "

 IMPLEMENTASI PERAN MAHASISWA DALAM ADOPSI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Ria Kurnia Rahmawati1, Marsya Bela2, Mey Nur Afni3

Pendahuluan

    Artificial Intelligent atau biasa disebut dengan AI merupakan teknologi kecerdasan buatan manusia, yang juga ditujukan untuk meringankan pekerjaan manusia. Adanya AI merubah perspektif manusia terhadap sesuatu yang harus secara instan. Digitalisasi melahirkan norma positif maupun negatif. Hal tersebut, dilandasi pada kesesuaian pemikiran setiap manusia. Kemajuan tersebut membuka peluang dan tantangan yang lebih beragam. Dampak yang ditimbulkan mempengaruhi signifikasi dalam sektor industri, pelayanan publik, sosial, hukum, dan pendidikan. Selain itu,peluang kesenjangan akan lebih terasa pada lingkup publik. Adopsi terhadap teknologi ini, memiliki kemungkinan yang pasti akan terjadi berkaitan dengan minimnya lapangan pekerjaan, privasi data, dan kriminalitas.

    Peran mahasiswa yang menjadi alasan dobrakan terhadap era perubahan, menjadikannya sebuah tantangan yang harus dituntaskan. Tidak hanya melakukan hal yang instan, tapi juga perlu identifikasi secara detail terhadap perkembangan teknologi. Masa perkembangan ini, menjadikan segala hal mudah lebih susah, begitupun hal yang susah menjadi lebih muda. Sebagai aktor, mahasiswa harus lebih peka terhadap dampak dari perkembangan yang terjadi. Selain menjadi pengguna, mahasiswa juga diharapkan memiliki peran aktif dalam identifikasi, analisis, dan merespon fenomena perkembangan teknologi. Hal itu bertentangan dengan realita yang terjadi. Masih terdapat kendala pada peran mahasiswa dalam adopsi AI. Salah satunya karena dampak kesenjangan dalam ketersediaan sumber daya.

    Pentingnya isu yang terjadi terletak pada kontribusi mahasiswa dalam menghadapi dan mengatasi tantangan dalam adopsi AI. Melalui partisipasi aktif mahasiswa, diharapkan dapat tercipta kesadaran yang lebih tinggi mengenai potensi dan dampak teknologi AI serta meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Dengan demikian, isu ini memiliki relevansi yang tinggi dalam konteks pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan di Indonesia.

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pemahaman dan kesiapan mahasiswa mengenai adopsi AI?
  2. Bagaimana perkembangan teknologi mempengaruhi kehidupan manusia?
  3. Apa saja yang perlu dilakukan oleh mahasiswa sebagai peran perubahan terhadap perkembangan teknologi?

Daftar Pustaka

Luh, P. S., & Made. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK

        MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 . Jurnal

        Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 15-21.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Essay : " IMPLEMENTASI PERAN MAHASISWA DALAM ADOPSI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ""

Posting Komentar