About

Essay : " STRATEGI MAHASISWA DALAM MENDORONG INOVASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA "


 STRATEGI MAHASISWA DALAM MENDORONG INOVASI DAN

PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA

Rizky Pasmawi Syaban, Evi Miftahul Rohmah, Lathifatul Azizah Putri


I. PENDAHULUAN

    Mahasiswa sebagai generasi digital native memiliki keunggulan dalam memahami dan mengadopsi teknologi baru dengan cepat. Mereka mampu memanfaatkan kemajuan digital untuk mengembangkan keterampilan, menjalin koneksi, dan mengakses informasi secara lebih efisien. Mereka memiliki potensi untuk mengubah paradigma bisnis tradisional dan menciptakan peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Peran mahasiswa dalam digitalisasi tidak hanya terbatas pada penggunaan teknologi, tetapi juga mencakup potensi untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Mahasiswa dapat mengambil peran aktif dalam mengatasi kesenjangan digital dengan menginisiasi program- program pelatihan digital bagi masyarakat sekitar, tanpa terkecuali.

    Pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak lagi hanya bertumpu pada faktor produksi konvensional seperti penambahan kapital dan tenaga kerja, melainkan juga dipengaruhi oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Faktor ini akan mendorong suatu negara untuk secara lebih efisien menyediakan barang dan jasa serta meningkatkan daya saing usaha. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, perhatian harus diberikan pada strategi kebijakan yang mendorong inovasi, termasuk penempatan anggaran negara untuk dialokasikan pada pos Iptek, riset, dan inovasi. Tautan antara pembangunan Iptek dengan pembangunan ekonomi terjadi ketika teknologi yang dihasilkan dapat mendukung dalam kegiatan ekonomi. Sebaliknya, kemajuan perekonomian dan peningkatan persaingan juga akan menciptakan kebutuhan teknologi baru. Agar “simbiosis mutualisme” antara pembangunan Iptek dengan pembangunan ekonomi dapat terbentuk, maka pengembangan teknologi perlu berorientasi pada kebutuhan atau persoalan nyata (demand-driven).

    Berdasarkan uraian diatas Tema ini diangkat karena adanya perkembangan IPTEK yang mempermudah perpindahan tangan dari produsen ke konsumen. Dimana dalam hal ini manusia mampu menciptakan berbagai macam mesin yang mendukung produksi barang untuk kebutuhan manusia. Sehingga dapat membantu kegiatan produksi lebih cepat, presisi dan mudah. Sedangkan disisi lain, konsumen dapat memesan barang dengan cepat tanpa perlu melakukan transaksi secara langsung melalui perantara orang lain (kurir).

II. RUMUSAN MASALAH

  1.  Bagaimana peran mahasiswa dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia?
  2. Apa dampak kontribusi mahasiswa dalam mengintegrasikan iptek ke dalam kehidupan ekonomi?

DAFTAR PUSTAKA

          Indrawan, I., Wijoyo, H. (2020). Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Teknopreneurship).1st                         edition. Banyumas: Pena Persada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Essay : " STRATEGI MAHASISWA DALAM MENDORONG INOVASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA ""

Posting Komentar